PENGUMUMAN KELULUSAN SMPN 250 TAHUN 2018 BISA DILIHAT DI http://un.smpn250jkt.absis.id/

09 Oktober, 2009

PROFIL SMP NEGERI 250 JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2010-2011

1. Nama Sekolah : SMP NEGERI 250 JAKARTA
2. No. Statistik Sekolah : 201016306246
3. Tipe Sekolah : A2
4. Alamat Sekolah : JL. KHM. Naim III, Cipete Utara


Kecamata Kebayoran Baru


Jakarta Selatan, 12150



5. Telepon/HP/Fax : Telp. (021)7200396, Fax (021) 7265788
6. Status Sekolah : Negeri
7. Nilai Akreditasi Sekolah : B

8. Visi : Menjadi sekolah yang berprestasi, berbudaya, dan beriptek berlandaskan iman dan takwa



9 Misi : “Memberikan pelayanan prima untuk meningkatkan prestasi”






10. INDIKATOR MISI : 1. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif.

2. Meningkatkan motivasi, semangat, dan prestasi belajar siswa.

3. Meningkatkan kemampuan berhitung untuk meningkatkan daya nalar siswa.

4. Meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan teknologi komputer.

5. Membentuk generasi yang bertaqwa, mandiri dan memiliki prilaku sopan santun.

6. Melaksanakan peningkatan minat baca Al’quran dan ibadah lainnya

7. Memberantas buta aksara Al-Quran

8. Meningkatkan prestasi olah raga dan seni melalui kegiatan ekstrakurikuler

9. Melaksanakan peningkatan minat berkunjung dan membaca buku di perpustakaan

11. Motto : ”Dengan kreasi kita tingkatkan prestasi.”



12. Tujuan : 1. Meningkatkan perolehan selisih NUN, dengan GSA sebesar 0,14 (dari 6,94 menjadi 7.10).

2. Mengoptimalkan proses pembelajaran dengan pendekatan, diantaranya, CTL, PAKEIM, serta layanan bimbingan dan konseling.

3. Membekali 85% siswa mampu mengakses berbagai informasi yang positif melalui internet.

4. Membekali 85% siswa mampu membaca dan menulis Al-Qur’an.

5. Membiasakan 85% siswa melaksanakan Sholat berjamaah.

6. Mendapat 2 nomor kejuaraan bidang olahraga.

7. Mendapat 2 nomor kejuaraan dalam bidang seni budaya.

8. Mengembangkan kinerja profesional guru.

9. Menambah sarana dan prasarana pendidikan.

10. Sekolah meningkatkan dan mengembangkan media pembelajaran.

11. Mengembangkan perangkat model-model penilaian/evaluasi pembelajaran dan mengimplementasikannya (ulangan harian, ulangan mid semester, ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas, dll)

12. Mengembangkan instrumen atau perangkat soal-soal untuk berbagai model evaluasi.

13. Mengembangkan pedoman-pedoman evaluasi

14. Mengembangkan lomba-lomba akademik, uji coba, dll dalam usaha peningkatan standar nilai

15. Penerapan model-model pembelajaran bagi anak berprestasi, bermasalah dan kelompok anak lainnya.

16. Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif

17. Menciptakan hubungan silaturahin yang harmonis, antarwarga sekolah

18. Menciptakan suasana kelas, ruangan, halaman, dan ruang lainnya yang menyenangkan.
13. Sasaran : 1. Meningkatkan nilai UN dan UAS.

2. UN 30 besar Kota Administrasi Jakarta Selatan

3. Peningkatan kualitas sumber daya manusia

4. Melengkapi sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran.

5. Pengembangan bidang non akademik.

6. Pencapaian target nilai masing-masing mata pelajaran.



14. Waktu : Juli 2008 s.d Juni 2009
15. Tempat : SMPN 250 Jakarta
16. Analisis : SWOT



1. Strength(kekuatan) a. sekolah berada di lokasi yang strategis,

b. jumlah guru sebanyak 43 orang sehingga relatif memadai untuk membimbing 21 rombongan belajar,

c. kualifikasi guru 95% adalah lulusan S1 dan S2,

d. tenaga administrasi 10 orang,

e. dukungan dari pengurus Komite,

f. pembantu pelaksana sekolah 6 orang,

g. tersedianya lapangan olah raga,

h. ruang laboratorium IPA,

i. ruang perpustakaan yang menyediakan buku-buku penunjang pembelajaran yang memadai,

j. mushollah yang bersih,

k. kantin dan toko sekolah yang bersih,

l. lahan pertamanan dan tanaman obat (Toga) ,

m. input siswa relatif baik,

n. ruang media pembelajaran,

o. ruang laboratorium komputer

p. ruang UKS

q. ruang BK

r. ruang OSIS



2. Weakness(kelemahan) a. luas lahan yang tidak standar,

b. belum tersedianya mushalla yang memadai, ruang laboratorium bahasa,

c. ruang kelas belum memadai untuk bisa pagi semua,

d. pelaksanaan tupoksi belum maksimal.



3. Opportunity (peluang) a. perhatian Pemda terhadap pembiayaan pendidikan cukup memadai,

b. lingkungan pendidikan sekitar SMAN 46 Jakarta, SMKN 20 Jakarta, SMAN 6 Jakarta dan SMAN 70 Jakarta,

c. terdapat forum MGMP, MGP, MKS, dan MKTU,

d. suasana lingkungan yang relatif kondusif dan agamis,

e. prestasi akademik :

Nilai UN th 2007-2008

NILAI

BIN

ING

MAT

IPA

JML

Klasifikasi

A

B

C

B

B

Rata-rata

7,79

6,81

6,26

6,91

27,77

Terendah

6,20

5,40

5,75

5,50

24,15

Tertinggi

9,40

9,60

9,00

8,50

33,35

Standar Deviasi

0,69

0,82

0,59

0,51

1,76

Nilai UN th 2008-2009

NILAI

BIN

ING

MAT

IPA

JML

Klasifikasi

B

C

B

A

B

Rata-rata

7,14

6,19

6,73

7,65

27,71

Terendah

5,80

5,60

5,25

5,00

22,40

Tertinggi

9,00

8,80

10,00

9,75

36,00

Standar Deviasi

0,72

0,65

1,30

1,22

2,64


4). Threatmen (ancaman ) a. persaingan prestasi antar SMP di lingkungan Kecamatan Kebayoran Baru sangat ketat,

b. lingkungan rawan kecelakaan,

c. faktor keamanan kurang memadai.,

d. masih ada guru yang belum bisa memahami makna perubahan dalam proses belajar mengajar.