PENGUMUMAN KELULUSAN SMPN 250 TAHUN 2018 BISA DILIHAT DI http://un.smpn250jkt.absis.id/

03 Juni, 2009

Pengertian Kbps dan Mbps

Apa Itu Kbps dan Mbps?

Kalo kita berhubungan dengan IT kata-kata tersebut pasti muncul, yang paling sering adalah kata bytes. Sebenernya pa sih itu?!!

Kebayakan digunakan sebagai satuan ukuran memori entah hardisk, flashdisk ato cdrom. ok lah secara sederhana kita pakai pengertian ini, walopun bagi yang pengen ngerti IT harus lebih lagi hehehehehe.

Bytes bisa kita analogikan dengan ukuran untuk menyimpan 1 karakter, jadi kalo kita mengetik naskah dalam format text olny 100 karakter bisa kita analogikan jika kita simpan akan berukuran 100 bytes.

Sedangkan 1 bytes sendiri itu sebenernya terdiri dari 8 bits (binary digit), lebih jelasnya adalah 1 bytes didalam sistem komputer membutuhkan 8 ruang penyimpan. kalau konteksnya untuk komunikasi data maka 1 bytes membutuhkan 8 jalur kabel/transmisi. Untuk penulisannya bit ditulis dengan ‘b’ dan bytes biasanya ‘B’.

Selanjutnya seperti pada sistem satuan yang lain maka ada istilah

1. Kilo Bytes (KB)

2. Mega Bytes (MB)

3. Giga Bytes(GB)

4. Tera Bytes (TB)

Dimana :

1024 bytes = 1 Kilo Bytes ( 1 KB)

1024 KB = 1 Mega Bytes ( 1 MB)

1024 MB = 1 Giga Bytes

1024 GB = 1 Tera Bytes

bps adalah singkatan dari bit per second atau bit perdetik adalah satuan yang biasa digunakan untuk kecepatan komunikasi data. Seperti diatas maka kecepatan bisa diukur dengan kbps (kilo bit per second) atau Mbps ( Mega bit persekon). Sebagai misal kecepatan komunikasi data adalah 384 kbps artinya dalam 1 detik dapat mengalirkan data sejumlah 384 bit. Untuk kecepatan ini kita bisa asumsikan persis seperti kecepatan air dalam selang. Berapa Liter perdetik atau brp mili liter perdetik.

Yang perlu dicermati adalah penggunaan bps (bit per second) dan Bps ( Bytes per second). Dalam bahasa kita sehari-hari kita menggunakaan satuan Bytes sehingga akan lebih mudah kita pahami jika kita pakai satuan Bytes.

Tetapi dalam piranti komunikasi data menggunakan satuan bps ( bit per second), mengapa? Karena saluran komunikasi dianggap hanya 1 saluran, dan karena hanya satu saluran maka salam saat uang bersamaan hanya 1 satuan yang bisa lewat atau boleh dikatakan lewat berurutan atau serial.




Posted by: (Syamsul Bahri, S.kom)